Trending

Gerbang Dasar Kebijaksanaan "And" (And Gate) Guru Listrik Keren

DASAR LOGIKA " AND" (AND GATE)
Gerbang AND adalah salah satu gerbang akal dasar yang mempunyai dua akses masukan (input) atau lebih dari sebuah jalan masuk keluaran (output).
Gambar 1. Rangkaian Gerbang Logika AND
Sakelar A dan B harus berada pada keadaan tertutup guna menyalakan lampu L. Dalam rangkaian budi , kita gunakan notasi-notasi yang telah biasa guna menawarkan keadaan-kondisi yang ada menyerupai berikut : Sakelar tertutup (=1) , sakelar terbuka(=0) lampu menyala (=1) , Lampu padam (=0)
Sebuah tabel kebenaran dari gerbang AND bisa digambarkan berdasarkan kombinasi dari sakelar A dan B mirip ditunjukkan pada tabel 1.

Tabel 1. Tabel Kebenaran Gerbang AND
Suatu simbol kebijaksanaan digunakan untuk menawarkan sebuah gerbang AND mirip terlihat pada gambar 2
Gambar 2 Simbol Gerbang Logika AND dan Persamaan Boolean
Persamaan Boolean untuk fungsi AND yakni C= A.B (dibaca C=A AND B). Pada gambar 2 , fungsi AND ditunjukkan dengan beberapa notasi , tetapi dalam klarifikasi ini kita menggunakan fungsi perkalian dengan simbol dot (.). Sebuah gerbang AND mampu terdiri dari dua kanal masukkan. selaku contoh , sebuah gerbang AND terdiri dari tiga terusan masukkan menyerupai simbol logika yang ditunjukkan oleh gambar 3 dan tabel kebenarannya pada tabel 2. Namun beberapapun jumlah kanal masukkan yang dimiliki oleh sebuah gerbang AND , maka prinsip kerjanya tetap sama , dimana bahwa kondisi keluarannya akan berlogika 1 bila semua akses masukkannya berlogika 1

Gambar 3. Simbol Gerbang Logika AND Tiga Saluran Masukan
Tabel 2. Tabel Kebenaran Gerbang AND dengan tiga terusan



Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form