Trending

Gerbang Dasar Logika " Not" (Not Gate) Guru Listrik Keren

DASAR LOGIKA "NOT" (NOT GATE)

Sebelumnya kita telah membahas Gerbang dasar Logika OR ( OR Gate ). Gerbang NOT juga sering disebut dengan gerbang inverter. Gerbang ini yaitu gerbang nalar yang gampang dikenang , dari asal katanyanya NOT yang mempunyai arti TIDAK , mempunyai arti kebalikannya. Gerbang NOT mempunyai satu buah akses masukan dan satu buah keluaran. Gerbang NOT akan senantiasa membuat nilai akal yang bertentangan dengan kondisi kebijaksanaan pada saluran masukannya. Bila pada kanal masukannya menerima nilai kebijaksanaan 1 , maka pada susukan keluarnya akan menciptakan dihasilkan nilai kecerdikan 0.
Gambar 1. Simbol Gerbang Logika NOT

Persamaan Boolean Logika NOT
Simbol diatas dibaca Y = not A atau Y = aksesori dari A. Perhatikan penggunaan tanda strip (-) diatas keluaran untuk mengamati bahwa perumpamaan boolean akan mengkomplemenkan (-) masukkan A menjadi not A.

Tabel Kebenaran Gerbang Logika NOT
Perhatikan tabel diatas jika tegangan pada masukan ialah rendah (0) maka keluarannya yaitu tinggi (1) sebaliknya jika masukannya tinggi (1) maka keluarannya adalah rendah (0). Bila kita analogikan dengan transistor maka bisa kita asumsikan kecerdikan gerbang akal NOT  dengan gambar dibawah ini
Rangkaian Diskrit Gerbang NOT
(Sumber : http://webstudi.blogspot.co.id/2016/10/gerbang-not-pembalik-dan-penyangga.html)
Penjelasan gambar : Jika A diberi tegangan (keadaan logik 0) , maka arus mengalir dari Vcc melalui ground sehinga tegangan output Q kecil sekali (keadaan logik 0). Artinya jika A=1 maka Q = NOT A = 0.



Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form