Trending

Komponen Dan Fungsi Alat Instalasi Penerangan Saklar Golongan Guru Listrik Keren


Saklar kalangan disebut juga saklar pilih , Saklar ini adalah saklar satu kutub dengan dua posisi atau saklar Singel Pole Double Throw (SPDT). Cara kerjanya hampir sama dengan saklar tukar , namun yang membedakannya ialah dalam keadaan masuk logika kontak saklar golongan pada posisi nol. 
Saklar golongan mampu menghidup dan mematikan lampu secara bergantian , artinya bila satu golongan hidup maka yang lain akan padam , dan kalau saklar pada posisi nol maka lampu kalangan 1 dan lampu kalangan 2 akan padam. Diagram dasar saklar ini seperti dengan saklar seri , bentuk kontruksinya lazimnya berupa saklar putar.
Pada instalasi listrik , sakelar kalangan sering digunakan untuk instalasi pengendali motor dan instalasi modul-modul alat peraga peralatan rumah tangga , umpamanya alat peraga AC (air Conditioning).
Saklar SPDT/Kelompok

Simbol Saklar Kelompok dan Pengawatannya
Berikut simbol dari saklar kalangan dan kontruksinya. Perhatiakan baik-baik
Dan diagram tunggal dan pengawatannya

Saklar golongan mengatur dua lampu listrik secara bergantian. Terdiri dari 3 terminal , yakni 1 terminal masuk yang disambung kesaluran fasa (F) dan 2 terminal keluar yang masing-masing disambungkan ke lampu L1 dan L2. Selanjutnya masing-masing ujung yang lain dari masing-masinglampu L1 dan L2 disambung ke Netral. 
Berbeda dengan saklar seri yang memakai 2 tuas/kontak , saklar golongan ini cuma memiliki 1 tuas /kontak. Kaprikornus tidak ada posisi sambung semua atau lepas semua.





Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form