Trending

Komponen Dan Fungsi Alat Instalasi Penerangan Saklar Tukar Guru Listrik Keren


Apakah sebuah lampu bisa dihidupkan dengan dua saklar ? atau apakah sebuah lampu bisa dihidup dan dimatikan dari beberapa kawasan yang berlainan ? maka jawabnya ialah BISA , yaitu dengan memakai saklar tukar. Nah kali ini akan kita bahas wacana sakal tukar , menurut katanya ialah "tukar" mempunyai arti saklar ini mampu menukar atau memindahkan posisi atau mampu bergantian menghidup dan matikan satu lampu atau golongan lampu. Saklar tukar yang umum disebut dengan saklar hotel ialah salah satu jenis saklar yang mampu membangkitkan satu lampu dari dua kawasan yang bertentangan , misalnya satu lampu ditaruh di tengah-tengah tangga diantara lantai 1 dan lantai 2 , saklar tukar diletakkan di lantai 1 dan juga ditempatkan dilantai 2 , maka untuk menghidup dan mematikan lampu tersebut sanggup dikendalikan (hidup dan mati) dari lantai 1 atau juga dari lantai 2. Untuk lebih jelasnya kita amati ilustasi dari gambar berikut 


Ada bebrapa keaadaan yang bisa dipakai saklar tukar selaku pengendali menghidup dan mematikan lampu ialah saklar tukar mampu digunakan untuk melayani (menghidupkan dan mematikan) lampu dari dua daerah yang bebeda , dan saklar tukar digunakan untuk kekerabatan gudangbawah tanah


Sekarang mari kita kenal lebih dalam perihal saklar tukar



Setelah kita ketahui tentang simbol saklar tukar , mari selanjutnya kita pahami tentang diagram tunggal dan diagram pengawatannya , disini yang mesti ditekankan ialah bagaimana cara memasangnya dan merakitnya , dan yang tidak kalah pentingnya jumlah kabel yang masuk dan keluar dari saklar tukar itu.



Penjelasan singkat : Fasa masuk pada saklar S1 ditengah , posisi 1 saklar S1 dihubungkan dengan posisi 1 saklar S2 , dan posisi 2 saklar S1 dihubungkan dengan posisi 2 saklar S2 , selanjutnya keluaran dari tengah S2 dihubungkan ke fitting lampu (bab tengah fitting) dan berikutnya bab ulir lampu dihubungkan ke netral.
Nah ada beberapa kondisi dari saklar tukar :
- Apabila S1 posisi 1 dan S2 posisi 1 maka lampu akan menyala
- Apabila S1 posisi 2 dan S2 posisi 2 maka lampu akan menyala
- Apabila S1 posisi 1 dan S2 posisi 2 maka lampu akan mati
- Apabila S1 posisi 2 dan S2 posisi 1 maka lampu akan mati

Sekarang kita mengenal bentuk saklar tukar dan bagaimana cara merangkainya , perhatikan dengan serius dan baik , baiklah ...!!
Bentuk saklarnya seperti ini


Mari kita nonton dulu gampang-mudahan rileks :) , amati dengan baik cara pemasangannya dan yang terpenting teknik-teknik memasangnya , selamat menyaksikan.



Semoga penjelasan singkat ini memiliki kegunaan dan bisa menjadi ibadah ,. terimakasih

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form