Trending

Komponen Dan Fungsi Alat Instalasi Penerangan Saklar Tunggal Guru Listrik Keren


Pada potensi ini kita akan membicarakan tentang perlengkapan instalasi penerangan listrik ialah saklar , mungkin kita semua telah mengetahui apa itu saklar ? , alasannya adalah nyaris semua rumah atau gedung pasti dilengkapi dengan saklar selaku alat untuk membangkitkan dan mematikan satu atau kelompok lampu.
Secara sederhana saklar itu ialah sebuah perangkat atau alat yang digunakan untuk menghubungkan dan memilih rangkaian listrik , atau bisa diartikan juga alat yang digunakan untuk penyambung dan pemutus ajaran listrik. Pada saklar terdapat nilai arus dan voltase kerjanya yang harus sesuai atau lebih besar dari pada beban yang dilayaninya , namun tidak kurang dari 5 A. Saklar sanggup dipasang didalam dinding (in bow) dan dipasang diluar permukaan dinding (out bow).
Sesuai dengan penggunaannya saklar mampu dikelompokkan menjadi beberapa bagian adalah :


Mari kita diskusikan tentang saklar yang dipakai untuk instalasi penerangan , yaitu jenis saklar kotak yang berisikan saklar tunggal , saklar seri , saklar tukar , saklar silang dan lain-lain.

a. Saklar Tunggal
Saklar tunggal atau mampu disebut juga saklar kutub satu (Single pole one way switch) biasa dipakai untuk instalasi penerangan rumah dan gedung. Saklar tunggal mampu melayani satu lampu atau satu kelompok lampu , misalnya satu lampu mampu dihidupkan dengan satu saklar tunggal atau empat lampu mampu dihidupkan dengan satu saklar tunggal , dengan relasi empat lampu itu dihubungkan paralel.
Kita mengenal dulu simbol dari saklar tunggal




Pengawatan saklar tunggal

Hal-hal yang harus diperhatikan yakni :
  1. Kabel keluaran dari saklar ke lampu sanggup dipakai kabel dengan penampang 1 ,5 mm2.
  2. Dalam kondisi terbuka , kontak gerak saklar harus tidak bervoltase
  3. Kontak ke kabel fasa pada fitting lampu terdapat pada bab dalam dan ulir fitting ampu dihubungkan dengan kabel netral
  4. Kabel netral mesti berwarna biru
  5. Pada stop kontak kontak fasa disebelah kiri dan kontak netral disebelah kanan
  6. Arus pengenal stop kontak harus sesuai dengan peralatan listrik yang dihubungkan padanya. tetapi tidak kurang dari 5 A
Cara memasang saklar tunggal
untuk lebih jelasnya yuk kita nonton dulu !! , nonton apa ???
ya nonton cara pemasangan saklar tunggal melayani satu lampu , selamat menyaksikan..


Nah begitulah penjelasan singkat , cara memasang saklar tunggal melayani satu lampu ,..
untuk episode selanjutnya mari kita menuju pembahasan

Komponen dan Fungsi Alat Instalasi Penerangan Sakar Seri

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form