Trending

Komponen Dan Fungsi Alat Instalasi Penerangan Listrik App Dan Mcb Guru Listrik Keren


Kali ini kita diskusikan wacana perlengkapan-peralatan instalasi milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam suatu instalasi rumah sederhana , sebab yaitu alat-alat itu yakni tanggung jawab PLN. Komponen instalasi yakni perlengkapan-perlengkapan listrik yang digunakan dalam suatu rangkaian instalasi listrik , misalnya rangkaian listrik dibawah ini 

( sumber : http://skemaku.com/cara-menciptakan-percobaan-rangkaian-listrik-seri-dengan-menerapkan-prinsipnya/ )

Nah , yang dinamakan komponen instalasi diatas yakni ; baterai , saklar , fitting dan kabel. Dalam pemasangan instalasi penerangan listrik bagian-bagian tersebut tetap mesti mengikuti aturan kriteria nasional (SNI) dan dalam pemasangannya mengikuti peraturan PUIL. 
Untuk pemasangan instalasi penerangan listrik ada unsur-bagian yang wajib diketahui oleh seorang instalatur dan mengerti fungsi-fungsinya secara rinci dan mendalam. Beberapa bagian itu antara lain :

1. Alat Pengukur dan Pembatas
Alat pengukur dan pembatas (APP) atau nama lainnya KWh Meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur/mencatat besar pemakaian energi listrik pelangan , APP adalah milik usahawan ketenagalistrikan (baca: PLN). APP berisikan Kwh meter dan pembatas arus (MCB). Kwh meter untuk pencatat besar energi yang terpakai sedangkan MCB berfungsi selaku pengaman sekaligus selaku pemabatas arus. Biasanya MCB yang dikeluarkan PLN di batasi sesuai dengan seruan pelanggan pada waktu mendaftar untuk pemasangan kwh baru atau penambahan dayanya. MCB yang dikeluarkan untuk instalasi rumah sederhana berkisar 2A , 4A , 6A dan 10 A.


Alat Pembatas dan Pengukur (APP) kawasan penyambungan Saluran Masuk Pelayanan (SMP) ke instalasi konsumen. APP yang ada kini terbagi menjadi dua jenis yakni APP analog dan APP digital/prabayar/pulsa. Biasanya penempatan KWh ini terletak diluar rumah biar pengecekan oleh petugas listrik gampang dilaksanakan.
Perbedaan antara APP analog dan APP digital terletak pada bentuknya , ialah bila analog masih menggunakan pringan alamunium untuk menghitung besar pemakainnya artinya piringan yang berputar tersebut akan menggerakkan counter yang menandai setiap hitungan pemakaian energi listrik. Semakin cepat piringan berputar , maka kian besar pula tagihan listrik yang mesti dibayar. sedangkan untuk asumsi pada APP digital memakai perkiraan digital ibarat asumsi pulsa HP , semakin banyak pemakaiannya makin cepat pula pulsa listrik itu akan habis.



Berikut ketentuan tentang APP ialah :
  1. APP yang dipasang harus sesuai dengan paket yang dipesan konsumen
  2. Penggunaan terminal bia konduktor/kabel yang dipasang bertentangan , contohnya kabel Saluran Masuk Pelayanan (Sekolah Menengah Pertama) berbahan alumunium , sedangkan kabel instalasi dari bahan tembaga , maka penyambungannya dipakai terminal.
  3. APP mesti telah ditera/diuji dan disegel resmi oleh Perusahaan Ketenagalistrikan
  4. APP mesti tersedia terminal pembumian pada Bagian Konduktif Terbuka (BKT)
  5. APP dipasang pada kawasan yang gampang diihat dan dijangkau guna untuk pencatatan dan investigasi
  6. Data APP tertera dengan jelas nama pembuat , merk jualan , daya , voltase dan data teknis yang lain
Pemasangan APP

a. Wiring pengawatan Kwh Prabayar

 Kemampuan deteksi penyalahgunaan pemakaian dari meteran prabayar ini



Mari kita nonton cara pemasangan kwh Prabayar , perhatikan dengan baik ya..!


Ini juga , lengkap dengan cara penyetelannya..


b. Wiring pengawatan Kwh Pascabayar/analog
2. Gawai atau Alat Untuk Menutup dan Membuka Sirkit Listrik
Didalam ilmu kelistrikan dimengerti beberapa perlengkapan atau gawai yang digunakan untuk menutup dan membuka sirkit listrik ialah :


2. Pemutus Sirkit Mini (PSM) atau MCB
Setelah Kwh meter terpasang dibawahnya ditaruh alat pemutus sirkit/MCB yang dipakai selaku pemutus atau pengaman/sumbangan simpulan adanya beban lebih dan arus hubung singkat. PSM/MCB yakni salah satu jenis saklar atau pemisah yang melaksanakan pekerjaan berdasarkan prinsip bimetal.



Besar MCB instalasi yang sering digunakan pelanggan yang diadaptasi dengan besar daya yang dikeluarkan oleh perusahaan listrik negara



Nah itulah klarifikasi singkat tentang perlengkapan-peralatan instalasi penerangan yang dimiliki perusahaan ketenagalistrikan (baca: PLN) dimulai dari Alat Pengukur dan Pembatas (APP) dan MCB-nya , gampang-mudahan bisa memberi faedah.

Mari kita lanjut peajaaran Komponen dan Fungsi Alat Instalasi Penerangan Listrik PHBK

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form