Trending

Komponen Instalasi Listrik : Fitting Lampu Guru Listrik Keren

Fitting yaitu bab listrik yang berfungsi untuk menaruh lampu dengan kawat hantaran instalasi secara kondusif. Berdasarkan pemasangannya , ada aneka macam macam fitting adalah fitting duduk , fitting gantung dan fitting kedap air.
Untuk pemasangan fitting lampu jenis Edison dan jenis Bayonet harus dipasang dengan cara menghubungkan kotak dasarnya pada penghantar fasa dan kontak luarnya pada penghantar nol (netral). Pada jenis fitting Edison , lampu dipasang dengan cara diputar pada ulirnya. Dan untuk jenis fitting jenis Bayonet , pemasangannya dikerjakan dengan cara menusukkan lampu ke dalam fitting.
Fitting dan Lampu Edison
Fiitng dan Lampu Bayonet
Teknik pemasangannya
Sumber : https://tukanglistrikpulaubatam.blogspot.com/2017/02/cara-memasang-stop-kontak-switch-saklar-dan-fitting-lampu.html

Untuk aneka macam keperluan pemasangan instalasi listrik , ada aneka macam macam fitting yang dijual atau dipasang di lapangan , ialah :

1. Fitting Langit-langit
Untuk fitting jenis langit-langit ini pemasangannya ditempelkan pada langit-langit atau flapon. Untuk memperkuat pemasangannya dilengkapi dengan roset. Roset dibutuhkan untuk meletakkan/menyekerupkan fitting supaya kedudukannya pada langit-langit lebih memiliki imbas dan berpengaruh.
Fitting dan Roset
( Sumber : https://www.tokopedia.com/rajawalicomsolo/fitting-plafon-tempel-roset-kayu )

2. Fitting Gantung
Fitting gantung dipasang menggantung , fitting ini dilengkapi dengan tali yang berfungsi selaku penahan beban bola lampu dan kap lampu , serta untuk menahan konduktor dari tarikan beban tersebut.
Fitting Gantung

3. Fitting Kedap Air
Fitting kedap air yakni fitting yang tidak mudah kemasukan air pada dalamnya. Fitting jenis ini lazimnya dipasang pada daerah yang lembab atau ditempat yang kemungkinan ada percikan air seperti kamar mandi , diluar ruangan dan lain-lain. Kontruksi fitting ini yang dibuat dari porselin. Bagian kontaknya yang dibuat dari logam kuningan atau tembaga dan serpihan ulirnya dilengkapi dengan karet yang berbantuk cincin selaku penahan air. 
Fitting Kedap Air
(Sumber : https://maknawi.net/jenis-jenis-fitting-lampu-yang-wajib-dimengerti/)

Ketentuan-ketentuan pemasangan fitting dan armatur lampu yang perlu diamati , ialah : (Sumber : "Sistem Instalasi Listrik Penerangan"  Penerbit : Saka Mitra Kompetensi Hal 34)
  • Fitting lampu , armatur penerangan , lampu , dan roset mesti dibentuk sedemikian rupa sehingga ketika pemasangan dan penggantian lampu atau dalam kondisi lampu terpasang , semua penggalan yang bertegangan dan bab yang yang dibikin dari logam teramankan dengan baik dari kemungkinan sentuhan.
  • Untuk penernagan luar dan dalam ruang dengan adanya air yang menetes , fitting lampu mesti kedap tetesan atau dipasang dalam armatur penerangan yang kedap tetesan
  • Fitting lampu harus digantung dalam kondisi terisolasi , kecuali bila penggantung atau pasangannya dibumikan secara baik atau jika fitting lampu dipasang diluar jangkauan tangan.
  • Perlengkapan untuk menaik turunkan aratur penerangan bear yang dipasang di luar jangkauan tangan harus dipasang sedemikian rupa sehingga juru layannya tidak usah bangun dibawah armatur tersebut.
  • Armatur penerangan yang mempunyai terminal penghubung di luar tidak boleh digunakan dalam etalase kecuali bila armatur penerangan tersebut digantung dengan rantai.
  • Tutup roset dan kotak sambung untuk armatur lampu harus mempunyai cukup ruangan sehingga kabel dengan terminal penghubungnya mampu dipasang dengan baik.
  • Armatur , fitting lampu , roset , dan kotak kontak mesti dipasang kukuh. Armatur yang beratnya lebih dari 2 ,5 kg atau salah satu ukurannya melebihi 40 cm tidak boleh dikukuhkan dengan penutup ulir fitting lampu.
  • Perkawatan pada atau di dalam armatur harus terpasang dengan rapi. Diameter kawat mesti minimum 0 ,75 mm2 dan sedemikian rupa sehingga kabel bebas dari gaya tarik dan kerusakan mekanik yang mungkin terjadi. Perkawatan yang berlebihan harus dihindarkan. Kabel harus dipasang sedemikian rupa sehingga bebas dari efek suhu yang melampaui kemampuannya.
  • Armatur harus dipasang sedemikian rupa sehingga sambungan antara armatur dan kabel listrik instalasi mampu diperiksa tanpa mesti memastikan perkawatan , kecuali bila armatur dihubungkan dengan tusuk kontak dan kotak kontak
  • Armatur penerangan mesti dihubungkan sedemikian rupa sehingga semua kotak ulir atau kotak luar fitting lampu pijar terhubung pada pengahantar netral.

Armatur = Luminair tanpa lampu , 
Luminair = Penyatuan pencahayaan yang utuh

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form