Trending

Peralatan Dan Kelengkapan Gambar Teknik (Papan Dan Meja Gambar) Guru Listrik Keren

Papan gambar dan meja gambar ialah daerah untuk menggambar teknik yang permukaannya mesti rata , lurus. licin mudah-mudahan penggaris yang T bisa digerakkan dan digeser. Ukuran papan gambar teknik merupakan panjang 1265 mm , lebar 915 mm dan tebal 30 mm. Meja gambar juga dirancang dengan ukuran sesuai dengan ukuran kertas , misalnya ukuran kertas A0 dan A1. Papan gambar mampu dibentuk dari kayu tipis (play-wood) atau dari kayu keras , dengan bantalan kertas atau dari bahan plastik lunak. Untuk menghindari papan gambar lengkung (bengkok) akhir pergantian cuaca , maka dibagian bawah papan gambar dilengkapi dengan dua buah kaki yang miring. Permukaan papan gambar mesti rata , dan lebih baik jikalau pada permukaan papan gambar dilapisi dengan kertas gambar putih tebal , lalu dilapisi kembali dengan plastik bening yang cukup tebal .
Meja gambar seharusnya dibuat miring dengan bab atasnya agak lebih tinggi mudah-mudahan tidak cepat lelah dalam menggambar , kemiringan meja gambar mampu diatur secara manual atau secara hidrolik.
Papan dan Meja Gambar

Mesin gambar ialah mesin manual yang dipakai untuk menciptakan lebih mudah dalam menggambar teknik. Mesin yang terdapat pada meja gambar mampu mengambil alih fungsi-fungsi dari alat-alat gambar lain , mirip busur bundar , Penggaris T , Segitiga dan ukuran. Mesin gambar sudah dilengkapi dengan dua mistar yang saling tegak lurus dan bisa bergerak bebas pada dikala menggambar , Mistar tersebut tetap dijaga pada kondisi tegak lurus.

Bagian dari Mesin Gambar
Keterangan
  • Tiang Horizontal , dipakai selaku penopang mesin untuk bisa bergerak kekanan dan kekiri , terdapat roda yang tersambung dibelang tiang yang berfungsi untuk bergeser dan menghentikan roda pada saat tuas ditekan. 
  • Tiang Vertikal , dipakai untuk penopang mesin/headpro untuk bisa bergerak keatas dan kebawah dan bersangkutan dengan tiang horizontal , tiangvertikal berisikan dua tuas rem , dan didalamnya terdapat bandul untuk menyeimbangkan headpro.
  • Penggaris , terdapat sepasang penggaris panjang dan pendek dengan ukuran panjang 45 cm dan yang pendek 20 cm
  • Tiang Pembantu , digunakan untuk tatakan roda , yang berfungsi gampang-mudahan mesin bisa mengambang di papan sehingga headpro bisa melakukan floating sehingga si penggambar bisa membuat gambar yang anggun dan rapi. tiang pembantu dipakai untuk memaksimalkan perubahan mesin menjadi lebih lebar , sehingga menerima luar area gambar yang lebih besar.
  • Headpro , fungsinya mirip jangka , mampu diputar 360 derejat , sehingga memungkinkan si penggambar menggambar garis miring (bebrapa derejat) sesuai dengan impian.  selain itu fungsi headpro juga untuk floting (mengambang) alasannya gampang-mudahan kertas gambar tidak kotor tamat tinta rapido atau pensil

Demikian penjelasan ihwal papan dan meja gambar , gampang-mudahan mampu dikenali dengan baik.Untuk berikutnya kita akan membicarakan wacana perlengkapan gambar yang lain yakni pengahpus


Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form