Trending

Peralatan Dan Kelengkapan Gambar Teknik (Pena Gambar) Guru Listrik Keren

Setelah kita mengetahui perlengkapan gambar adalah pensil gambar untuk membuat garis dan gambar , kali ini kita akan menciptakan garis orisinil ialah menggambar dengan tinta , maka untuk itu kita butuh perlengkapan gambar yaitu pena gambar. 
Pena gambar mampu dibagi menjadi dua macam , ialah pena dengan mata daun yang bisa dikelola (trek-pen) dan pena dengan ketebalan tetap (tergantung dari ukuran yang dikehendaki dengan ukuran yang beragam yang kita kenal dengan dengan rapido).

a. Pena Dengan Mata Daun (Trek Pen)

Bagian-bagian dari pena daun (treck-pen)  dan bab-bagiannya :
  1. Mur pengatur , digunakan untuk mengatur ketebalan gars yang dihasilkan/diharapkan
  2. Mata pena (daun pena) , bab ini mampu bergerak sesuai dengan perputaran mur 1
  3. Tangkai
  4. Lubang pengunci
  5. Baut untuk pengikat pena
  6. Daun pena (mata pena) yang mampu diputar
  7. Bagian-bagian pena yang harus bersungguh-sungguh dirawat dan dibersihkan
Pena dengan mata daun

Penggunaan Trek-pen
Yang harus diperhatikan pada di dikala memakai treck pen yaitu :
  • Dalam mengisi tinta trek pen diantara dua mata pena jangan terlalu banyak , adalah sekitar ( x = 3 - 5 mm) , lihat gambar diatas !
  • Bersihkan bab luar daun pena , harus dalam keaadaan higienis.
  • Dalam membuat garis dengan trek-pen , penggaris yang kita pakai mesti diganjal bawahnya atau dengan cara lain ialah membalik penggaris dengan kedudukan bab miringnya berada dibawah , lihat gambar dibawah ini !
  • Pada waktu mempesona garis , harus tegak dan ditarik membentuk sudut 60 derejat ke arah garis yang dibentuk , lihat gambar dibawah ini !
Cara memakai Pena trek-pen
Jika bagian luar pena basah dengan tinta , maka tinta akan membasahi dan menempel pada mistar dan terisap oleh kertas , sehingga antara kertas dan mistar terjadi pelebaran tinta (lihat gambar dibawah , pada posisi 1 , dan jikalau pena ditarik ke posisi 2 akan diperoleh sebuah garis).
Setelah akhir menggaris , kemudian penggaris digeser dari posisi A ke posisi B , maka ditemukan garis yang tidak manis atau gagal. Oleh alasannya adalah itu hal yang perlu diamati diatas perlu dimengerti dan dilaksanakan , mencobanya latihan berkali-kali akan menerima keterampilan yang bagus dalam menciptakan garis
Cara menawan garis dengan memakai trek pen

Membersihkan Pena Daun (Trek Pen)
Setelah dipakai , maka di pena daun (trek pen) akan terdapat bekas tinta yang harus segera dibersihkan dengan cara memutar mata pena sehingga bisa mudah kita membersihkan bagian dalam dari pena daun tersebut
Hal yang mampu didapati adalah keadaan dimana mata pena yang satu dengan mata pena yang lainnya tidak rata , maka mata pena daun tersebut bisa diratakan dengan cara mengasahnya pada ampelas halus atau watu asah.
Cara membersihkan dan membetulkan trek pen

b. Rapido

Rapido ialah pena gambar yang sering digunakan untuk mebuat garis gambar pada kertas karkir. Dengan menggunakan rapido tidak perlu dikerjakan penyetelan tebal dan tipisnya garis gambar yang hendak dibentuk , alasannya rapido sudah mempunyai ukuran-ukuran tolok ukur ketebalan garis sesuai dengan standar ISO. ukuran rapido tersebut lazimnya 0 ,1 mm sampai dengan 2 ,0 mm. dan untuk membuat lebih gampang penyeleksian pen , maka tiap ukuran ditandai dengan warna tertentu.
Rapido
Bagian-bab dari isi dalam rapido , mampu dilihat pada gambar dibawah ini :
Bagian-bagian rapido

Untuk menarik garis dengan menggunakan rapido , maka posisi rapido harus tegak lurus kepada permukaan kertas kalkir dan dikesampingkan aksentuasi pada rapido yang terlalu keras , dan juga dihentikan menawan garis tertalu cepat , alasannya berpengaruh kepada ketebalan garis (tidak masuk akal menjadi lebih tipis dari kondisi yang seharusnya).
Untuk membersihkan rapido sanggup disertai tindakan berikut ini :
  1. Lepaskan pena rapido dari tangkai atau rumahnya dengan menggunakan kunci pena yang tersedia
  2. Semprotkan air ke arah pena rapido
  3. Ketuk-ketuk perlahan-lahan untuk mengeluarkan tinta dari dalam pen rapido dan lalu semprot kembali dengan air higienis
Demikian pembahasan materi kita tentang peralatan pena gambar , yang berikutnya akan kita diskusikan wacana perlengkapan gambar yang lain yakni Jangka.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form