Trending

Peralatan Dan Kelengkapan Gambar Teknik (Jangka) Guru Listrik Keren

Membuat bundar mampu menggunakan dua cara yakni dengan menggunakan mal bundar dan menggunakan jangka. Untuk menggambar lingkaran yang kecil kita mampu memakai mal lingkaran , tetapi untuk menciptakan gambar lingkaran yang relatif besar sanggup memakai jangka. 
Jangka adalah alat yang dipakai untuk menciptakan bulat , baik dengan pensil maupun dengan tinta. Kontruksi jangka terdiridari beberapa bagian yang disambungkan satu sama lain dengan engsel. Kontruksi jangka bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
Kontruksi Jangka
Bagian-bagian Jangka
Dari gambar kontruksi diatas , bagian kepala jangka mesti dikarter mudah-mudahan jangka mampu diputar dan tidak licin. Bagian kaki jangka mesti terjepit namun tetap masih bisa digerakkan. Macam-macam jangka yang umum digunakan untuk menggambar lingkaran :
  • Jangka bear yang mampu menciptakan bundar antara 100 - 200 mm.
  • Jangka sedang yang mampu membuat bundar anatara 50-100 mm.
  • Jangka kecil yang mampu membuat bulat antara 5 - 50 mm
  • Jangka Orleon yang digunakan untuk menciptakan lingkaran yang tidak mampu dibentuk oleh jangka kecil. Jangka orleon ini mampu membuat lingkaran dengan diameter 1 - 5 mm
Jangka Orleon
Agar jangka tahan lama lazimnya jangka disimpan didalam kotak yang didalam kotak kontruksi kawasan penyimpanan sesuai dengan bentuk jangka.
Kotak Jangka dan perlengkapannya
Demikian pembahasan tentang materi alat gambar teknik (jangka) , dan untuk berikutnya kita akan membicarakan tentang materi perlengkapan gambar ialah papan gambar

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form