Trending

Peralatan Dan Kelengkapan Gambar Teknik (Pensil Gambar) Guru Listrik Keren


Tahukah anda pencil ? ya alat yang dipakai untuk menggambar , nah didalam gambar teknik pencil gambar merupakan alat yang sangat pentinguntuk menggambar , pensil yang digunakan untuk menggambar ada tiga macam ialah pensil biasa , pensil yang bisa diisi kembali , dan pensil mekanik. Untuk ketiga jenis pensil ini memiliki tingkat kekerasan tertentu , mulai dari yang lunak sampai yang keras. Tingkat kekerasan pensil gambar ini memiliki efek kepada mutu gambar yang dihasilkan. Tingkat kekerasan pensil gambar ini mampu dilihat pada tabel dibawah ini.
Keterangan :
  • H    = Hard
  • B    = Black
  • HB = Half Black
  • F    = Firm
Angka di depan huruf H mengobrol tingkat kekerasan (semakin besar angkanya kian keras). Sedangkan angka didepan abjad B berbincang-bincang tingkat kelunakannya (semakin besar angkanya , semakin lunak).
Untuk berguru gambar sisekolahan disarankan memakai tingkat pensil H dan 2H. Dimana H digunakan untuk menggambar garis tipis dan 2H untuk menebalkan garis. Saat ini telah beredar pensil yang bisa disi ulang. Isi ulang pensil ini diubahsuaikan dengan berbagai macam jenis ketebalan garis yang telah bersetandarkan ISO. ukuran isi pensil lazimnya 0.25 , 0.35. 0.5 dan 0.7 , serta tingkat kekerasannya mulai dari H , F , 2H dan 3H. Untuk menciptakan garis memakai pensil mekanik , maka posisi pensil mesti tegak lurus , agar garis yang dihasilkan mempunyai ketebalan yang sama. Hal yang perlu dikenang adalah jangan memanjangkan isi pensil terlalu panjang , sebab adalah isi pensil akan mudah patah atau putus.
Pensil Gambar

a. Meruncingkan Pensil
Untuk mampu menggambar secara kontinue , pensil gambar harus mampu dipakai terus , maka untuk itu pensil gambar harus diruncingkan , alasannya adalah adalah salah satu aspek baik atau buruknya suatu garis tergantung dari cara meruncingkan pensil. Oleh alasannya yaitu itu , meruncingkan pensil harus baik. Meruncingkan pencil dihentikan digosok-gosokan ke dinding , yang mau membuat meja atau lantai menjadi kotor. Oleh karena merupakan itu kita harus memberikan ampelas halus yang disimpan pada suatu pelat.
Cara meruncingkan pensil gambar

b. Menggunakan Pensil
Untuk mendapatkan kualitas garis yang elok (rata/tajam) maka pensil harus ditarik sambil diputar secara perlahan-lahan , dan kedudukan pensil 60 derejat terhadap garis yang hendak dibuat

Cara menawan garis Gambar
Cara memakai Pensil Gambar
Demikianlah penjelasan tentang perlengkapan dan kelengkapan gambar teknik dengan pensil gambar. Pensil gambar harus senantiasa baik dan runcing supaya hasil yang diperoleh baik dan sesuai dengan persyaratan ISO.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form