Trending

Peralatan Dan Kelengkapan Gambar Teknik (Mistar Atau Penggaris) Guru Listrik Keren

Penggaris atau Mistar ialah alat pengukur dan alat bantu gambar , yang dipakai untuk menggambar garis lurus. Terdapat berbagai jenis penggaris/mistar dari mulai yang lurus sampai yang berupa segitiga ( penggaris segitiga siku-siku sama kaki dan segitiga siku-siku ).
Mistar atau penggaris yang biasa diguankan waktu menggambar antara lain : 
  • Penggaris/mistar segitiga (satu pasang)
  • Mistar T (teken hak)
Mistar atau Penggaris
Keterangan :
  1. Mistar segitiga sama kaki
  2. Mistar segitiga siku-siku
  3. Mistar T
  4. Meja Gambar
Cara Menggunakan Mistar Segitiga
Untuk menciptakan garis tegak lurus atau garis-garis sejajar. Baik tegak maupun mendatar , mampu kita gunakan sepasang mistara segitiga. Caranyasebagai berikut :
  1. Letakan mistar segitiga sama kaki mendatar dengan posisi 1
  2. Letakkan mistar segitiga siku-siku rapat pada sisi bawah dan peganglah dengan bersahabat (tekan)
  3. Bila kita menciptakan garis-garis sejajar sumbu x , geserkan mistar segitiga sama kaki ke atas atau kebawah  sesuai dengan keperluan.
  4. Putarkan mistar segitiga sama kaki menjadi posisi 2 untuk menghasilkan garis yang sejajar sumbu y atau garis-garis yang tegak lurus sumbu x
  5. Dengan memindah mistar segitiga sama kaki pada posisi 1 dan memutar mistar segitiga sama kaki ke posisi 2 , kita bisa menciptakan garis-garis mendatar maupun garis-garis tegak.
Cara membuat garis sejajar dan tegak lurus dengan mistar segitiga

Memelihara Mistar Segitiga
Hal-hal yang perlu diperhatikan di dalam pemeliharaan mistar segitiga diantaranya :
  1. Kebersihan , sebelum maupun setelah digunakan hendaknya dibersihkan atau dilap sehingga pada waktu akan digunakan tidak mengotori kertas gambar
  2. Penggunaan yang kurang sesuai contohnya digunakan untuk memangkas kertas atau memukul sehingga mistar menjadi cacat dan kalau digunakan untuk menggambar hasil garisnya tidak lurus lagi.
  3. Mistar segitiga ini kebanyakan yang dibikin dari plastik atau mika , pada ujung-ujungnya sering terjadi perubahan bentuk , mungkin karena terjatuh , atau sebab adanya tekanan-tekanan , sehingga jikalau digunakan menggambar hasil garisnya tidak lurus lagi.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form