Trending

Peralatan Dan Kelengkapan Gambar Teknik (Kertas Gambar) Guru Listrik Keren


Dalam menggambar teknik kita dituntut untuk mematuhi patokan ISO dan juga menggunakan perlengkapan gambar yang elok guna membuat mutu gambar yang anggun sesuai patokan. Dengan alat-alat yang elok dan ditunjang dengan kesanggupan menggunakan alat-alat gambar maka gambar yang dihasilkan baik pula. 
Dengan peraltan yang bagus dan lengkap belum pasti kitadapat trampil menggambar , tanpa bekal ilmu dan latihan dalam menggambar. Dengan memakai peralatan sederhanapun , jikalau penggunaan alat-alat gambar dilakukan dengan baik , konsekwen dan disiplin , akan menolong didalam kesuksesan menggambar. Sekali lagi kuncinyaadalah kesabaran , kerajinan , dan konsekuen dan kedisiplinan dalam memakai alat , yakni langkah penting untuk keberhasilan dalam menggambar teknik.
Alat-alat yang digunakan dalam menggambar teknik adalah :
  1. Kertas gambar yang tepat kriteria
  2. Pensil atau rapido
  3. Jangka dan kelengkapannya
  4. Macam-macam mistar
  5. Mal busur (kurva)
  6. Mal karakter dan angka
  7. peruncing pensil
  8. penghapus
  9. Meja gambar dan perlengkapannya
  10. Komputer

1. Kertas Gambar

a. Cara Menentukan Ukuran Kertas Gambar
Kertas gambar dipakai selaku media untuk menggambar. kertas gambar mempunyai ukuran panjang dan lebar. Sebagai tolok ukur ukuran pokok dari kertas gambar diambil ukuran A0 yang mempunyai luas 1m2 atau 1.000.000 mm2. Ukuran pokok kertas gambar yang sudah tersandar adalah ukuran A0 dengan panjang 1189 mm dan lebarnya 841mm (dibulatkan). Sedangkan untuk menerima ukuran kertas gambar lainnya tinggal membagi dua , yakni :
  1. A1 didapat dengan cara A0 dibagi dua ( 841 mm x 594 mm)
  2. A2  didapat dengan cara A1 dibagi dua ( 594 mm x 420 mm)
  3. A3 didapat dengan cara A2 dibagi dua ( 420 mm x 297 mm)
  4. A4 didapat dengan cara A3 dibagi dua ( 297 mm x 210 mm)
Ukuran Kertas Gambar

b. Ukuran Standar Kertas Gambar Sesuai Standar ISO 216
Sesuai Standar ISO (Internasional Standardization for Organization ) dan NNI (Nederland Normalisatie Instituet) Ukuran kertas gambar ditentukan ibarat terlihat pada tabel 1. yang semoga lebih rapi kertas gambar diberi garis tepi. C pada tabel yaitu ukuran tepi bawah , tepi atas dan tepi kanan , sedangkan tepi kiri untuk setiap ukuran kertas gambar ditetapkan 20 mm (hal ini dimaksudkan untuk membundel , kalau kertas gambar dibundel gambarnya tidak terganggu.


Kertas Gambar dengan Garis Tepi

Klik
Kumpulan Materi Gambar Teknik

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form