Trending

Perlengkapan Untuk Pemipaan Instalasi Listrik Guru Listrik Keren

1. Pipa Instalasi Listrik
Dalam Instalasi listrik untuk melindungi penghantar atau kabel digunakan pipa instalasi. Pemasangan pipa instalasi akan membuat suatu instalasi itu akan tampaklebih rapi dan hantaran terlindungi dengan kondusif. Pipa yang dipakai untuk instalasi mampu dibagi menjadi tiga macam ialah :
a. Pipa Union
Pipa Union yang dibuat dari besi , oleh karena itu pipa ini mempunyai keistimewaan dalam hal kekuatan untuk melindungi penghantar/kabel. Namun , ada pula kekurangannya adalah alasannya pipa ini yang dibuat dari logam sehingga bila terdapat kesalahan atau gangguan ketika pemasangan instalasi , bisa menimbulkan arus bocor ke konduit pipa. Bahkan , bisa terjadi hubung singkat jika ada kebocoran pada hantaran fasa dan netral. Oleh sebab itu dalam pemasangan dengan pipa union ini perlu ada pengamanan tambahannya
Pipa Union 
Cara memasang pipa Union untuk instalasi listrik


b. Pipa PVC
Pipa PVC ini yang dibikin dari bahan paralon/PVC. Pemakaian pipa PVC ini lebih aman ketimbang pemakaian pipa union/galvanis , alasannya adalah pipa ini yang dibuat dari bahan yang tidak menghantarkan arus listrik/isolator sehingga bila terjadi arus bocor tidak menghantarkan listrik. Keunggulan yang yang lain adalah pipa PVC mempunyai berat yang ringan; mampu dipakai untuk tempat yang lembab; serta tidak menjadikan korosi atau karat. Tetapi juga memiliki kekurangan ialah pipa PVC ini tidak tahan dengan temperatur kerja diatas 60 derajat celcius.
Pipa PVC

c. Pipa Fleksibel
Pipa fleksibel yang dibuat dari banyak sekali bahan , diantarnya dari bab logam dan dari PVC. Pipa fleksibel mempunyai keutamaan dibandingkan dengan pipa yang lain yakni mudah dibuat belokan dengan sudut yang bermacam-macam. Pipa fleksibel juga elastis sehingga bisa dipasang di lokasi yang merepotkan. Pipa ini biasa dipakai selaku pelindung kabel yang berasal dari dak patokan APP , atau juga dipakai selaku pelindung instalasi tenaga yang menggunakan motor listrik , contohnya mesin press , mesin bubut dan lain-lain.


2. Tule/Selubung Pipa
Tule  atau selubung pipa berfungsi untuk menutupi pecahan ujung pipa. Penutupan ini perlu dilakukan untuk menyingkir dari kerusakan pada penghantar , Pipa instalasi listrik (terutama pipa union) pada bagian ujung pipa terdapat bagian yang tajam simpulan bekas pemotongan dari pelaksanaan pekerjaan atau dari pabrik. Agar tidak menghancurkan kabel maka pecahan yang tajam harus diratakan/dihaluskan , dan pekerjaan ini memerlukan waktu yangcukup lama. Untuk mengantisipasi duduk perkara ini kita cukup menggunakan tule pada serpihan ujung pipa yang tajam tadi. 
Tule atau Selubung Pipa

3. Klem/Sengkang
Klem atau sengkang yang dibuat dari berbagai macam bahan yang diubahsuaikan dengan penggunaan pipanya (pipa PVC atau union). Klem atau sengkang berfungsi untuk memasang , menahan , dan menguatkan pipa yang dipasang pada permukaan tembok , dinding kayu atau plafon. Ukuran dari klem atau sengkang ini diubahsuaikan dengan ukuran pipa yang dipergunakan. Jarak pemasangan klem dihentikan lebih dari 100 cm. Dalam instalasi listrik dimengerti bebrapa macam klem yang bentuknya diadaptasi dengan keperluan contohnya :
  • Klem atau sengkang setengah , dipakai pada tempat sempit.
  • Klem atau sengkang ganda untuk pemasangan pipa yang sejajar
  • Klem atau sengkang bervariasi untuk pemasangan beberapa pipa sejajar
Klem atau Sengkang

4. Sambungan Pipa (Sock)
Sambungan pipa dipakai untuk menyambung pipa pada sambungan lurus. sambungan pipa ini dibentuk dari materi PVC atau bahan plat. Penggunaan sock ini untuk mengurangi materi pada sambungan pipa yang memerlukan sambungan yang panjang.
Sambuang Pipa Lurus (Sock)

5. Sambungan Siku (Elbow)
Untuk menyambung pipa pada lokasi belokan dengan sudut 90 derajat , maka sambungan yang digunakan yaitu sambuan siku atau elbow. 
Elbow

6. Kotak Sambung
Untuk melakukan penyambungan beberapa penghantar pada percabangan jalur penghantar digunakan kotak sambung. Menurut bentuk dan fungsinya terdapat empat macam kotak sambung ialah :
  • Kotak sambung cabang satu umumdisebut kotak ujung atau dos tanam. Digunakan untuk kawasan penyambungan penghantar dengan sakelar atau kotak kontak dan sekaligus pemasangan sakelar atau kotak kontak
  • Kotak sambung cabang dua dipakai untuk sambungan lurus atau untuk menciptakan lebih mudah penarikan penghantar.
  • Kotak sambungcabang tiga (T-dos) digunakan untuk penyambungan penghantar pada percabangan tiga jalur pipa.
  • Kotak sambung cabang empat (cross dos atau  x doss) digunakan untuk penyambungan penghantar pada cabang empat jalur pipa
Jenis-jenis Kotak Sambung

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form