Trending

Rangkaian Melaksanakan 2 Motor Listrik Secara Bergantian Guru Listrik Keren


Pada kali ini kita akan membicarakan ihwal rangkaian kontrol yang sering dipakai untuk banyak sekali kegunaan di industri , ialah rangkaian motor listrik 3  fasa hidup dan mati secara bergantian. Yang dimaksud dengan bergantian disini adalah dua motor listrik tidak akan hidup/berputar secara serentak , melainkan hidupnya satu persatu. Bila motor yang pertama melaksanakan pekerjaan maka motor yang kedua tidak akan mampu melaksanakan pekerjaan sebelum motor pertama dimatikan demikian sebaliknya jika motor kedua melaksanakan pekerjaan maka motor yang pertama tidak akan mampu melakukan pekerjaan sebelum motor kedua dimatikan/off.

a.Rangkaian Menjalankan 2 Motor Listrik SecaraBegantian




Cara kerja rangkaian ini ialah Kedua motor M1 dan M2 tidakdapat berputar secara sebetulnya mesti melakukan pekerjaan secarabergantian. Kondisi ini disebabkan oleh adanya kontak bantuNC K2 di sebelum Koil K1 , dan adanya kontak NC K1 sebeumKoil K2 , sehingga bila salah satu kontaktor melakukan pekerjaan , makakontak yang lain akan ter lock/kunci , tidak bisa aktif.
  1. MCB di ON kan maka lampu merah LM akan menyala
  2. Push Button di ON-1 kan , maka K1 akan menyala dan motorM1 akan berputar , saat K1 aktif , jika kita tekantombol ON-2 , K2  tidak akan menyala (motor M2 tidakbekerja) alasannya K2 sudah dikunci oleh NC K1 yang terbukalebih dahulu akhir K1 telah bekerja. Lampu indikatorwarna hijau LH akan menyala. 
  3. Untuk mematikan K1 maka kita tekan OFF-1
  4. Push Button di ON-2 kan , maka K2 akan menyala dan motorM2 akan berputar , dikala K2 aktif , jikalau kita tekantombol ON-1 , K1  tidak akan menyala (motor M1 tidakbekerja) lantaran K1 telah dikunci oleh NC K2 yang terbukalebih dahulu selesai K2 sudah melakukan pekerjaan . Lampu indikatorwarna hijau LH akan menyala. 
  5. Untuk mematikan K1 maka kita tekan OFF-2
  6. Apabila terjadi overload maka OL1 atau OL2 akan bekerjamemutuskan rangkaian , menciptakan rangkaian tidakbekerja. Indikator lampu warna orange LO akan menyala.

Sebaiknya Anda Tau !!                                                                                                                          Untuk rangkaian melakukan 2 motor listrik atau lebih  secara bergantian yakni dengan cara menggunakan interlock/pengunci pada kontaktor-kontaktornya , sehingga motor-motor tidak mampu melakukan pekerjaan secara berbarengan (Motor hidup secara bergantian)
1. Rangakain Interlock 2 Kontaktor                                                                                                    


2. Rangkaian Interlock Untuk 3  Kontaktor



Unduh projectnya Disini (kerjakan dengan Software FluidSIM




Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form