Trending

Rangkaian Timer Theben Guru Listrik Keren

Timer Theben ialah alat yang digunakan untuk menyalakan danmematikan beban listrik secara otomatis. Biasanya banyak dipakai untuk lampuperkantoran atau lampu jalan. Pemakaian theben untuk lampu jalan dilakukandengan menyetel theben adalah saat menjelang malam hidup dan ketika pagi lampujalan akan mati. Penyetelan ini diharapkan dikarenakan kalau dihidup danmatikan secara manual sangat menyibukkan.
Cara setting timer theben ini sangat penting dimengerti. Karenatimer ini bertentangan dengan timer-timer control yang lazimnya . Karena dismpingmempunyai kontak-kontak NO dan NC yang ada didalamnya , timer ini jugadilengkapi dengan jam dan sirip-sirip yang dipakai untuk mengontrol perpindahankontak-kontak NO dan NC nya.

Cara Setting TimerTheben
Perhatian Gambar berikut Ini
Timer Theben
Langkah pertama :Perhatikan Keterangan Gambar
Angka 2 dan 3 berbincang-bincang Theben dalam kondisi Default(Standard) , berbincang-bincang posisi Kontak NO dan NC nya. dan angka 1 disesuaikandengan kondisi no 2. Angka no 5 dipakai untuk menyetel jam dengan waktu yangsebenarnya. Angka 6 ialah setelan theben , stel pada posisi Auto gampang-mudahan settingjam yang sudah dikerjakan berlangsung otomatis.
Sirip-sirip yang berwarna biru diguanakan untuk mengaturwaktu atau jam. Sirip tersebut bisa ditutup dan dibuka dengan cara menekanya.Sirip-sirip dirancang sesuai dengan waktu masuk logika . Silahkan dibagi utukmendapatkan 1 nilai siripnya. Biasanya harga 1 sirip mewakili 30 menit untukgambar diatas. Tetapi bertentangan untuk jenis theben yang yang lain.

Langkah kedua :Pengaturan Waktu
Posisi permulaan adalah sirip-sirip dalam keadaan terbukasemuanya. Aturlah sirip-sirip sesuai dengan waktu yang dibutuhkan , yakni denganmenekan kedalam. Sebagai contoh dikala kita ingimn menghidupkan lampu jalanmenyala pada pukul 18.00 dan akan mati pada pukul 06.30 pagi , maka pengaturanyang kita lakukan adalah dengan cara menekan kedalam sirip-sirip pada angka no4 , sehinggabanyaknya sirip yang ditekan kedalam dimulai dari 18.00 dan berakhirpada posisi 06.30 dan sisanya biarkan dalam keadaan terbuka. Dan angka no 6biarkan pada posisi Auto.
Setelah itu timer theben siap digunakan dan dikombinasikandengan kontaktor untuk penerangan lampu yang banyak ibarat untuk lampu jalan ,dikarenakan kalua langsung timer theben ke beban/lampu dalam jumlah besar akanmengakibatkan theben rusak (Overlaod).
Berikut aku berikan gambar rangakaian dengan menggunakantimer theben.
Rangkaian Theben Untuk Lampu Jalan
Dan untuk rangkaian lainnya bisa dilihat disini :
  1. Rangkaian Untuk Lampu Jalan , silahkan Lihat DISINI
  2. Rangkaian untuk Rumah dengan timer theben , silahkan lihatDISINI

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form